Ekonomi & Perbankan Islam
EPI_A
Elvia Cahya ( 20130730011)
Ratna Hidayatullaili (20130730020)
Devi Evilia Sari (20130730038)
Ratih Kuntari Dewi
(20130730042)
Suciati (20130730059)
Tugas
SOBS
Sistem
Operasioanal Perbankan Syariah
Customer Service
Tugas customer service
adalah sebagai sumber informasi sekaligus hubungan antara bank dan nasabah yang
membutuhkan penjelasan mengenai layanan
dan prodak bank.
Tugas costumer service
:
1.
Melayani nasabah
ketika akan membuka rekening dan tabungan, giro, deposit, atau kebutuhan
nasabah lainnya kecuali itu juga menjelaskan tentang beragam produk dan layanan
diminati nasabah atau calon nasabah.
2.
Menemui nasabah
dan melayani nasabah yang akan menyampaikan permasalahan yang berhubungan
dengan layanan bank atau produk sebuah bank.
3.
Melakukan
administrasi daftar hitam Bank Indonesia serta daftar rehabilitas nasabah
sekaligus juga file nasabah.
4.
Melakukan
administrasi resi permintaan serta pengembalian buku cek dan bilyet giro maupun
surat kuasa.
5.
Memberikan
penjelasan mengenai saldo ataupun mutasi dari rekening customer.
6.
Membuat
administrasi buku tabungan, cek, bilyet dan giro.
7.
Menawarkan
produk atau layanan yang dirasa cocok dengan kebutuhan customer.
8.
Menyaksikan
nasabah ketika mereka melengkapai dan menandatangani formulir aplikasi atau
perjanjian yang berkaitan dengan produk dan layanan bank.
9.
Menolak
permintaan pembukaan rekening jika memang tidak sesuai dengan ketentuan yang
ditentukan oleh pihak bank.
10.
Memferifikasi
tandatangan nasabah.
11.
Menolak
permintaan buka bilyet atau cek jika
memang nasabah tak memenuhi ketentuan yang ada.
12.
Mutup rekening
jika di minta oleh nasabah yang bersangkutan atau faktor lain atau sesuai
dengan mekanisme intern bank.
SATPAM ( SECURITY)
Fungsi Satpam
(security)
1. SATPAM LUAR BANKING HALL
·
Memantau
dan menjaga keamanan Nasabah sekaligus kenderaannya pada saat Nasabah datang,
saat parkir atau pada saat meninggalkan halaman Bank.
·
Memberikan
pengawalan kepada Nasabah sampai kemobil (apabila diminta).
·
Posisi
keberadaan Satpam:
2. SATPAM DALAM BANKING HALL
a. Sebagai Petugas satuan keamanan
·
Memberikan
rasa aman dan nyaman kepada Nasabah yang datang bertransaksi di dalam Banking
Hall.
·
Memantau
setiap Nasabah yang masuk dan keluar Banking Hall ,serta mengamati terhadap
keadaan sekeliling.
b. Sebagai petugas penjaga ketertiban
·
Membantu
mengatur jalur antrian.
·
Tanggap
terhadap situasi di dalam Banking Hall
c. Sebagai bagian dari Frontliner –
staff.
·
Menyambut
Nasabah dengan membuka pintu saat Nasabah datang maupun meninggalkan Banking
Hall.
·
Mengucapkan
salam,tersenyum kepada Nasabah yang datang
.
·
Tanggap
dengan menawarkan bantuan terhadap Nasabah yang kebingungan di Banking Hall
dengan mengarahkan dengan benar ketempat yang ditujuh.
·
Mengucapkan
salam & terimakasih saat Nasbah meninggalkan Banking Hall.
d.
Posisi
keberadaan satpam dalam
·
Di
pintu masuk Banking Hall dalam posisi menyambut
·
Di
dekat dengan antrian Teller atau Customer Service .
·
Berkeliling
didalam Banking Hall .
Flowchart
Pembukaan Rekening Deposito
|
Keterangan
pembukaan rekening deposito
ü Nasabah
datang ke bank
ü mengisi
form pembukaan rekening deposito pada monitor yang tersedia pada bank tersebut.
ü Kemudian
datang menemui customer service dengan menunjukan asli dan fotocopy kartu
identitas serta surat keterengan dari kelurahan tersebut.
ü Customer
service memeriksa dokumen tersebut pada computer dengan file yang terkirim
tersebut kemudian customer service melakukan pembukaan nomor rekening dan
terakan nomor tersebut pada lembar kontrak yang sesuai.
ü Serahkan
yang telah dilengkapi nomor rekening kepada deposan dan dipersilahkan
menyelesaikan dananhya keteler.
ü Teller
mengontrol atau menginput data tersebut.
ü Kemudian
nasabah menerima tanda bukti setor atau copy pemindah bukuan dari teller.
Periksa dan yakinkan proses teller telah dilaksanakan dengan bukti time stamp
dan paraf teller.
ü Minta
otoritas kepada pejabat yang telah ditunjuk dan berwenang melakukan otoritas
pembukaan deposito.
ü Cetak
advis deposito
ü Serahkan
lembar pertama kepada nasabah dengan membubuhi tanda tangan pada lembar kedua.
ü File
lembar kedua advis urut jangka waktu dan tanggal.
selamat sore...
BalasHapusblog nya bagus kak
salam kenal
ditunggu ya kunbalnya Technology Update
makasih yaaa......