selamat datang di blog saya

Sabtu, 14 Maret 2015

Sistem Operasioanal Perbankan Syariah



Ekonomi  & Perbankan Islam
EPI_A

Elvia Cahya               ( 20130730011)
Ratna Hidayatullaili (20130730020)
Devi Evilia Sari        (20130730038)
Ratih Kuntari Dewi  (20130730042)
Suciati                       (20130730059)


Tugas SOBS
Sistem Operasioanal Perbankan Syariah

Customer Service
Tugas customer service adalah sebagai sumber informasi sekaligus hubungan antara bank dan nasabah yang membutuhkan penjelasan  mengenai layanan dan prodak bank.
Tugas costumer service :
1.      Melayani nasabah ketika akan membuka rekening dan tabungan, giro, deposit, atau kebutuhan nasabah lainnya kecuali itu juga menjelaskan tentang beragam produk dan layanan diminati nasabah atau calon nasabah.
2.      Menemui nasabah dan melayani nasabah yang akan menyampaikan permasalahan yang berhubungan dengan layanan bank atau produk sebuah bank.
3.      Melakukan administrasi daftar hitam Bank Indonesia serta daftar rehabilitas nasabah sekaligus juga file nasabah.
4.      Melakukan administrasi resi permintaan serta pengembalian buku cek dan bilyet giro maupun surat kuasa.
5.      Memberikan penjelasan mengenai saldo ataupun mutasi dari rekening customer.
6.      Membuat administrasi buku tabungan, cek, bilyet dan giro.
7.      Menawarkan produk atau layanan yang dirasa cocok dengan kebutuhan customer.
8.      Menyaksikan nasabah ketika mereka melengkapai dan menandatangani formulir aplikasi atau perjanjian yang berkaitan dengan produk dan layanan bank.
9.      Menolak permintaan pembukaan rekening jika memang tidak sesuai dengan ketentuan yang ditentukan oleh pihak bank.
10.  Memferifikasi tandatangan nasabah.
11.  Menolak permintaan buka bilyet atau cek  jika memang nasabah tak memenuhi ketentuan yang ada.
12.  Mutup rekening jika di minta oleh nasabah yang bersangkutan atau faktor lain atau sesuai dengan mekanisme intern bank.


SATPAM ( SECURITY)
Fungsi Satpam (security)
1.      SATPAM LUAR BANKING HALL
·         Memantau dan menjaga keamanan Nasabah sekaligus kenderaannya pada saat Nasabah datang, saat parkir atau pada saat meninggalkan halaman Bank.
·         Memberikan pengawalan kepada Nasabah sampai kemobil (apabila diminta).
·         Posisi keberadaan Satpam:

2.      SATPAM DALAM BANKING HALL
a.       Sebagai Petugas satuan keamanan
·      Memberikan rasa aman dan nyaman kepada Nasabah yang datang bertransaksi di dalam Banking Hall.
·      Memantau setiap Nasabah yang masuk dan keluar Banking Hall ,serta mengamati terhadap keadaan sekeliling.
b.      Sebagai petugas penjaga ketertiban
·         Membantu mengatur jalur antrian.
·         Tanggap terhadap situasi di dalam Banking Hall
      c. Sebagai bagian dari Frontliner – staff.
·           Menyambut Nasabah dengan membuka pintu saat Nasabah datang maupun meninggalkan Banking Hall.
·           Mengucapkan salam,tersenyum  kepada Nasabah yang datang .
·           Tanggap dengan menawarkan bantuan terhadap Nasabah yang kebingungan di Banking Hall dengan mengarahkan dengan benar ketempat yang ditujuh.
·           Mengucapkan salam & terimakasih saat Nasbah meninggalkan Banking Hall.

d.      Posisi keberadaan satpam dalam
·           Di pintu masuk Banking Hall dalam posisi menyambut
·           Di dekat dengan antrian Teller atau Customer Service .
·           Berkeliling didalam Banking Hall .





Flowchart Pembukaan Rekening Deposito



                                        


                                                                    
 



Keterangan pembukaan rekening deposito
ü  Nasabah datang ke bank
ü  mengisi form pembukaan rekening deposito pada monitor yang tersedia pada bank tersebut.
ü  Kemudian datang menemui customer service dengan menunjukan asli dan fotocopy kartu identitas serta surat keterengan dari kelurahan tersebut.
ü  Customer service memeriksa dokumen tersebut pada computer dengan file yang terkirim tersebut kemudian customer service melakukan pembukaan nomor rekening dan terakan nomor tersebut pada lembar kontrak yang sesuai.
ü  Serahkan yang telah dilengkapi nomor rekening kepada deposan dan dipersilahkan menyelesaikan dananhya keteler.
ü  Teller mengontrol atau menginput data tersebut.
ü  Kemudian nasabah menerima tanda bukti setor atau copy pemindah bukuan dari teller. Periksa dan yakinkan proses teller telah dilaksanakan dengan bukti time stamp dan paraf teller.
ü  Minta otoritas kepada pejabat yang telah ditunjuk dan berwenang melakukan otoritas pembukaan deposito.
ü  Cetak advis deposito
ü  Serahkan lembar pertama kepada nasabah dengan membubuhi tanda tangan pada lembar kedua.
ü  File lembar kedua advis urut jangka waktu dan tanggal.

1 komentar:

  1. selamat sore...
    blog nya bagus kak
    salam kenal
    ditunggu ya kunbalnya Technology Update
    makasih yaaa......

    BalasHapus

terima kasih...